Alun Alun Tarogong Garut

Alun Alun Tarogong Garut

Garut

Alun Alun Tarogong Garut adalah alun-alun yang terletak di kota garut, jawa barat, indonesia. alun-alun ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer di garut dan menjadi tempat berkumpul bagi masyarakat setempat.

Terbuka di jendela baruid.foursquare.com

alun-alun tarogong memiliki dua bagian, yaitu alun-alun bagian barat dan alun-alun bagian timur. alun-alun bagian barat lebih dikenal dengan sebutan alun-alun paseh, sedangkan alun-alun bagian timur lebih dikenal dengan sebutan alun-alun cikembulan.

alun-alun paseh memiliki sebuah masjid agung garut yang merupakan salah satu masjid bersejarah di garut. di alun-alun ini juga terdapat sebuah pohon beringin besar yang konon ditanam oleh sunan kalijaga.

alun-alun cikembulan memiliki sebuah taman yang luas dan rindang. di taman ini terdapat berbagai macam bunga dan tanaman yang indah. taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak.

alun-alun tarogong merupakan tempat yang ideal untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga. di alun-alun ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti berjalan-jalan, duduk-duduk di taman, bermain bersama anak-anak, atau berfoto-foto.

berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di alun-alun tarogong:

  • berjalan-jalan: alun-alun tarogong merupakan tempat yang ideal untuk berjalan-jalan dan berolahraga. di alun-alun ini terdapat area yang cukup luas untuk berjalan kaki atau berlari.
  • duduk-duduk di taman: alun-alun tarogong memiliki taman yang luas dan rindang. di taman ini terdapat berbagai macam bunga dan tanaman yang indah. taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak.
  • bermain bersama anak-anak: alun-alun tarogong merupakan tempat yang ideal untuk bermain bersama anak-anak. di alun-alun ini terdapat berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak, seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit.
  • berfoto-foto: alun-alun tarogong merupakan tempat yang indah untuk berfoto-foto. di alun-alun ini terdapat berbagai spot foto yang menarik, seperti masjid agung garut, pohon beringin besar, dan taman yang indah.

alun-alun buka setiap hari selama 24 jam. pengunjung dapat masuk ke alun-alun ini secara gratis.

Jajanan Dekat Alun Alun Tarogong Garut

Berikut adalah beberapa jajanan yang bisa kamu temukan di dekat Alun-alun :

Jajanan Tradisional

  • Dodol Garut: Dodol Garut adalah salah satu jajanan khas Garut yang paling populer. Dodol ini terbuat dari tepung beras ketan, santan, gula merah, dan garam. Dodol Garut memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis legit.Terbuka di jendela barupicnicdodolgarut.comDodol Garut
  • Cireng: Cireng adalah singkatan dari aci goreng, yaitu jajanan yang terbuat dari tepung kanji dan tapioka. Cireng biasanya disajikan dengan saus kacang pedas.Terbuka di jendela baruwww.fimela.comCireng
  • Seblak: Seblak adalah jajanan pedas yang terbuat dari kerupuk basah, makaroni, bakso, ceker ayam, dan berbagai macam topping lainnya. Seblak biasanya disajikan dengan kuah pedas yang terbuat dari kencur, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan terasi.Terbuka di jendela baruwww.tokopedia.comSeblak

Jajanan Kekinian

  • Takoyaki: Takoyaki adalah jajanan asal Jepang yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, dan air yang diisi dengan potongan gurita, jahe merah, dan daun bawang. Takoyaki biasanya disajikan dengan saus takoyaki, mayones, dan katsuobushi (serpihan ikan cakalang asap).Terbuka di jendela baruwww.justonecookbook.comTakoyaki
  • Banana Nugget: Banana nugget adalah jajanan yang terbuat dari pisang yang dibalut dengan tepung roti dan digoreng hingga berwarna kuning keemasan. Banana nugget biasanya disajikan dengan saus cokelat atau susu kental manis.Terbuka di jendela baruwww.tokopedia.comBanana Nugget
  • Cheese Stick: Cheese stick adalah jajanan yang terbuat dari tepung terigu, keju, dan margarin. Cheese stick biasanya disajikan dengan saus sambal atau saus tomat.Terbuka di jendela barusugarspunrun.comCheese Stick

Minuman

  • Es Goyobod: Es Goyobod adalah minuman khas Garut yang terbuat dari tepung hunkwe, santan, gula merah, dan es serut. Es Goyobod memiliki rasa yang manis dan segar.Terbuka di jendela barucookpad.comEs Goyobod
  • Es Cendol: Es Cendol adalah minuman yang terbuat dari tepung beras yang dibentuk menjadi cendol, santan, gula merah, dan es serut. Es Cendol memiliki rasa yang manis dan segar.Terbuka di jendela baruendeus.tvEs Cendol
  • Es Oyen: Es Oyen adalah minuman yang terbuat dari berbagai macam buah-buahan, seperti alpukat, nangka, kolang-kaling, dan kelapa muda. Es Oyen biasanya disajikan dengan santan, gula merah, dan es serut.Terbuka di jendela baruwww.tokopedia.comEs Oyen

Kamu bisa menemukan jajanan-jajanan ini di berbagai kedai jajanan yang ada di sekitar Alun-alun Tarogong. Harganya pun relatif murah, sehingga kamu bisa menikmati jajanan-jajanan ini tanpa harus menguras dompet.

Berikut adalah beberapa kedai jajanan yang bisa kamu kunjungi di dekat Alun-alun Tarogong:

  • Kedai Dodol Garut: Kedai ini khusus menjual dodol Garut dengan berbagai macam rasa, seperti rasa original, rasa durian, dan rasa cokelat.
  • Cireng Salju: Kedai ini khusus menjual cireng dengan berbagai macam topping, seperti sosis, bakso, dan keju.
  • Seblak Jebred: Kedai ini khusus menjual seblak dengan berbagai macam level pedas.
  • Takoyaki Okay: Kedai ini khusus menjual takoyaki dengan berbagai macam topping, seperti gurita, sosis, dan bakso.
  • Banana Nugget Crispy: Kedai ini khusus menjual banana nugget dengan berbagai macam saus, seperti saus cokelat, saus susu kental manis, dan saus keju.
  • Cheese Stick Mozarella: Kedai ini khusus menjual cheese stick dengan berbagai macam saus, seperti saus sambal, saus tomat, dan saus barbeque.
  • Es Goyobod Asep: Kedai ini khusus menjual Es Goyobod dengan rasa yang original.
  • Es Cendol H. Mahmud: Kedai ini khusus menjual Es Cendol dengan rasa yang original.
  • Es Oyen Mang Dadeng: Kedai ini khusus menjual Es Oyen dengan berbagai macam buah-buahan.

Sejarah Alun Alun Tarogong Garut

Alun-alun Tarogong merupakan salah satu landmark bersejarah di Garut, Jawa Barat. Keberadaannya tak lepas dari perjalanan panjang kota Garut yang diwarnai berbagai peristiwa penting. Berikut ini sekilas sejarah Alun-Alun Tarogong:

Awal Mula

Pada masa pemerintahan Bupati Limbangan, R.A.A. Wiranegara (1785-1813), wilayah Garut masih menjadi bagian dari Kabupaten Limbangan. Saat itu, pusat pemerintahan Limbangan berlokasi di Suci.

Pada tahun 1813, Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Thomas Stamford Raffles, mengeluarkan surat keputusan yang membagi wilayah Priangan menjadi beberapa daerah. Salah satunya adalah pembentukan Kabupaten Garut dengan pusat pemerintahan di Tarogong.

Pembangunan Alun-Alun

Seiring dengan ditetapkannya Tarogong sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Garut, pembangunan alun-alun pun dimulai. Prosesnya dilakukan secara bertahap, dimulai dengan pembangunan pendopo, masjid, dan penjara.

Pada masa kepemimpinan Bupati R.A.A. Adiwijaya (1821-1831), alun-alun mulai ditata dan dipercantik. Pohon-pohon besar ditanam di sekeliling alun-alun untuk menciptakan suasana yang teduh dan asri.

Perkembangan Alun-Alun

Seiring waktu, Alun-Alun Tarogong mengalami beberapa kali renovasi dan pemugaran. Pada tahun 1887, alun-alun diperluas dengan menggabungkan alun-alun paseh dan alun-alun cikembulan.

Pada masa pemerintahan Bupati R.A.A. Wiranatakusumah (1913-1928), alun-alun dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti taman, air mancur, dan bangku taman. Alun-alun pun menjadi tempat favorit bagi masyarakat Garut untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Alun-Alun Tarogong Saat Ini

Saat ini, Alun-Alun Tarogong telah menjadi salah satu ikon Kota Garut. Alun-alun ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti area bermain anak, wifi gratis, dan CCTV.

Alun-Alun Tarogong tak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga ruang publik yang digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti perayaan hari besar nasional, festival budaya, dan kegiatan keagamaan.

Kesimpulan

Alun-Alun Tarogong merupakan saksi bisu sejarah perjalanan Kota Garut. Keberadaannya yang strategis dan fungsinya sebagai ruang publik menjadikan alun-alun ini sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Garut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *