Persamaan Kata Berat Sebelah

Persamaan Kata Berat Sebelah

Sinonim

Persamaan Kata Berat Sebelah memiliki beberapa persamaan kata yang tergantung pada konteks penggunaannya. Berikut beberapa pilihan yang bisa digunakan:

Tidak adil: Ini adalah arti yang paling umum dari “berat sebelah.” Kata ini digunakan untuk menggambarkan situasi di mana seseorang atau sesuatu tidak diperlakukan dengan adil, biasanya karena mereka diberi keuntungan atau kerugian dibandingkan orang lain.

Terbuka di jendela baruwww.amazon.com

Not fair sign

Bias: Ini adalah kata yang lebih formal daripada “tidak adil” dan digunakan untuk menggambarkan kecenderungan atau prasangka yang mempengaruhi penilaian seseorang. Bias bisa disengaja atau tidak disengaja, dan bisa didasarkan pada berbagai faktor seperti ras, jenis kelamin, agama, atau kelas sosial.

Terbuka di jendela barucambridgeresearcher.com

Bias sign

Prejudice: Ini adalah kata yang lebih kuat daripada “bias” dan digunakan untuk menggambarkan prasangka yang negatif dan berprasangka buruk terhadap seseorang atau kelompok tertentu. Prejudice sering kali didasarkan pada stereotip dan generalisasi yang tidak akurat.

Terbuka di jendela baruwww.ebay.com

Prejudice sign

Diskriminasi: Ini adalah tindakan memperlakukan seseorang atau kelompok secara berbeda berdasarkan karakteristik pribadi mereka, seperti ras, jenis kelamin, agama, atau kelas sosial. Diskriminasi bisa terjadi dalam berbagai konteks, seperti di tempat kerja, sekolah, dan perumahan.

Terbuka di jendela baruopenclipart.org

Discrimination sign

Timbang: Ini adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tidak seimbang atau tidak simetris. Kata ini bisa digunakan secara harfiah atau metafora. Misalnya, Anda bisa mengatakan bahwa timbangan itu berat sebelah jika salah satu sisinya lebih berat daripada yang lain. Anda juga bisa mengatakan bahwa diskusi itu berat sebelah jika hanya satu pihak yang didengar.

Terbuka di jendela baruwww.pinterest.com

Imbalanced scale

Serong: Ini adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tidak lurus atau sejajar. Kata ini juga bisa digunakan secara harfiah atau metafora. Misalnya, Anda bisa mengatakan bahwa jalan itu serong jika tidak lurus. Anda juga bisa mengatakan bahwa keputusan itu serong jika tidak adil atau tidak objektif.

Terbuka di jendela barues.m.wikipedia.org

Uneven road

Selain kata-kata di atas, ada juga beberapa idiom dan frasa yang bisa digunakan untuk menggambarkan situasi yang tidak adil atau berat sebelah, seperti:

Memainkan favorit: Ini berarti memperlakukan seseorang atau sesuatu dengan lebih baik daripada yang lain, biasanya karena Anda memiliki hubungan pribadi dengan mereka atau karena mereka memberi Anda sesuatu yang berharga.

Menutup mata: Ini berarti mengabaikan sesuatu yang salah atau tidak adil, biasanya karena Anda tidak ingin menghadapi konsekuensi dari menanganinya.

Memutarbalikkan fakta: Ini berarti mengubah informasi agar terlihat berbeda dari yang sebenarnya, biasanya untuk membuat argumen Anda terlihat lebih kuat.

Mengambing hitam: Ini adalah orang atau kelompok yang disalahkan atas sesuatu yang bukan sepenuhnya kesalahan mereka, biasanya karena mereka lebih mudah dijadikan sasaran daripada orang atau kelompok yang sebenarnya bertanggung jawab.

Pilihan kata yang tepat tergantung pada konteks penggunaannya. Pastikan Anda memilih kata yang secara akurat menggambarkan situasi yang Anda coba sampaikan.

Sinonim Kata Berat Sebelah adalah:

  • Imbal. Miring.
  • Timpang. Pincang.
  • Berpihak. Tidak adil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *